KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEAM-BASED PROJECT DAN/ATAU CASE METHOD

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Center of Excellence (CoE) Implementasi MBKM, Program Studi Pendidikan Matematika mengadakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Team-Based Project dan / atau Case Method. Kegiatan ini dilakukan secara luring dan secara daring.

Kegiatan workshop secara luring dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2021 dengan narasumber Dra. Yenita Roza, Ph.D. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UNRI yaitu Prof. Dr. H. Jimmi Copriady, M.Si., dihadiri oleh Ketua Jurusan PMIPA FKIP UNRI yaitu Dr. Roza Linda, M.Si., Koordinator Program Studi Pendidikan Kimia yaitu Abdullah, S.Si., M.Si., dan dosen Program Studi Pendidikan Matematika. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi oleh Dra. Yenita Roza, Ph.D. Selanjutnya setelah istirahat siang, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan perangkat pembelajaran menggunakan Team-Based Project dan / atau Case Method. Perangkat pembelajaran yang telah dibuat, kemudian dipresentasikan untuk mendapat saran dan masukan dari narasumber dan peserta kegiatan lainnya.

Kegiatan workshop secara daring dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Juli 2021 dengan narasumber Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP UNRI yaitu Prof. Dr. Mahdum Adnan, M.Pd., dan diikuti oleh dosen FKIP UNRI.

Pada kedua acara workshop tersebut, dosen Program Studi Pendidikan Matematika memperoleh wawasan mengenai Pembelajaran Menggunakan Team-Based Project dan / atau Case Method. Case Method merupakan metode yang melibatkan mahasiswa untuk mempelajari situasi aktual, untuk  dalam memecahkan masalah. Kasus digunakan untuk menyelidiki masalah dalam konteks kehidupan nyata. Sedangkan pada Team-Based Project, mahasiswa mengerjakan tugas (berupa proyek) yang telah dirancang secara sistematis, kemudian menunjukkan kinerja dan mempertanggungjawabkan hasil kerja kelompok berupa produk di kelas. Pada workshop ini dosen Program Studi Pendidikan Matematika juga memperoleh masukan bagaimana merancang pembelajaran menggunakan Team-Based Project dan / atau Case Method untuk mata kuliah matematika yang bersifat abstrak. Setelah mengikuti workshop ini dosen Program Studi Pendidikan Matematika diminta untuk membuat perangkat pembelajaran Menggunakan Team-Based Project dan / atau Case Method serta menerapkannya dalam kegiatan perkuliahan semester ganjil T.A. 2021/2022.

Progam Studi Pendidikan Matematika

Silahkan lihat informasi yang tersedia pada Website ini. Semoga Website ini bisa menjadi jembatan informasi antara Program Studi dengan mahasiswa atau alumni.

Berita Terbaru