Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNRI sudah melaksanakan peninjauan kurikulum pada tanggal 31 Oktober 2018, 28 Agustus 2019, 4 September 2019, dan 25 Juni 2020. Peninjuan kurikulum melibatkan alumni, stakeholder, dosen, dan perwakilan mahasiswa. Terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan dari hasil peninjauan kurikulum tersebut salah satunya terdapat konsep merdeka belajar yang diusung menteri pendidikan dan kebudayaan. Oleh karena itu mulai semester genap T.A. 2020/2021, Program Studi Pendidikan Matematika menerapkan kurikulum MBKM.
Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester sebagai berikut.
Semester I
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | UXN1007 | Pendidikan Pancasila | Pancasila Education | 2 |
2 | UXN1009 | Bahasa Indonesia | Indonesian | 2 |
3 | UNR1001 | Literasi Digital | Digital Literacy | 1 |
4 | UNR1002 | Bahasa Inggris | English | 1 |
5 | UNR1003 | Budaya Melayu | Malay Culture | 2 |
6 | MTK1101 | Filsafat dan Sejarah
Matematika |
Philosophy and History of Mathematics | 2 |
7 | MTK1102 | Aljabar | Algebra | 2 |
8 | MTK1103 | Geometri | Geometry | 3 |
9 | MTK1104 | Trigonometri | Trigonometry | 2 |
10 | MTK1105 | Kalkulus Diffrensial | Differential Calculus | 3 |
Jumlah | 20 |
Semester II
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 |
UXN1001 | Pendidikan Agama Islam | Islamic Religion Education |
2 |
UXN1002 | Pendidikan Agama Katolik | Katolic Religion Education | ||
UXN1003 | Pendidikan Agama
Protestan |
Protestan Religion Education | ||
UXN1005 | Pendidikan Agama Budha | Hindu Religion Education | ||
UXN1004 | Pendidikan Agama Hindu | Budha Religion Education | ||
UXN1006 | Pendidikan Agama
Konghuchu |
Konghuchu Religion Education | ||
2 | UXN1008 | Pendidikan
Kewarganegaraan |
Civic Education |
2 |
3 | UNR1004 | Ilmu Lingkungan dan
Mitigasi Bencana |
Environmental Science and Disaster
Mitigation |
2 |
4 | UNR1005 | Kewirausahaan | Entrepreneurship | 2 |
5 | KIP1001 | Landasan Pendidikan | Philosophy of Education | 2 |
6 | MTK1206 | Logika dan Himpunan | Logics and Sets | 3 |
7 | MTK1207 | Teori Bilangan | Number Theory | 3 |
8 | MTK1208 | Kalkulus Integral | Integral Calculus | 3 |
9 | KIP3002 | Perkembangan Peserta
Didik |
Student Development | 2 |
Jumlah | 21 |
Semester III
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | KIP3003 | Pengelolaan Pendidikan | Education Management | 2 |
2 | KIP3004 | Bimbingan dan Konseling | Guidance and Counseling | 2 |
3 |
MTK2109 |
Telaah Kurikulum Pembelajaran Matematika |
Review the Mathematics Learning Curriculu |
2 |
4 | MTK2110 | Media Pembelajaran
Matematika berbasis IT |
IT-based Mathematics Learning Media | 2 |
5 | MTK2111 | Strategi Pembelajaran
Matematika |
Mathematics Learning Strategies | 2 |
6 | MTK2112 | Aljabar Linear | Linear Algebra | 3 |
7 | MTK2113 | Statistika Dasar | Basic Statistics | 3 |
8 | MTK2114 | Kalkulus Multivariabel | Multivariable Calculus | 3 |
9 | MTK2115 | Program Linear | Linier Program | 3 |
Jumlah | 22 |
Semester IV | ||||
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | KIP3005 | Pengembangan Profesi
Guru |
Teacher Professional Development | 2 |
2 |
MTK2216 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
Mathematics Lesson Planning |
2 |
3 | MTK2217 | Penilaian Pembelajaran
Matematika |
Mathematics Learning Assessment |
2 |
4 | MTK2218 | Keterampilan Matematis | Mathematical Skills | 3 |
5 | MTK2219 | Matematika Diskrit | Discrete Mathematical | 3 |
6 | MTK2220 | Statistika Matematika | Mathematical Statistics | 3 |
7 | MTK2221 | Geometri Analitik Bidang
dan Ruang |
Transformation Geometry | 3 |
8 | MTK2222 | Persamaan Differensial | Differential Equations | 3 |
Jumlah | 21 |
Semester V | ||||
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | KIP3006 | Metodologi Penelitian
Pendidikan |
Educational Research Methodology | 2 |
2 | MTK3123 | Inovasi Pendidikan | Educational innovation | 2 |
3 | MTK3124 | Bahasa Inggris Matematika | English Math | 2 |
4 |
MTK3125 |
Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah |
Selected Topics in Mathematic high school |
3 |
5 | MTK3126 | Algoritma dan
Pemograman |
Algorithms and Programming | 3 |
6 | MTK3127 | Masalah Nilai Awal
(MNA) dan Syarat Batas |
Initial Value Problems and Boundary Condi | 3 |
7 | MTK3128 | Metode Numerik | Numerical Methods | 3 |
8 | Matakuliah Pilihan 1 | Elective Course 1 | 2 | |
Jumlah | 20 |
Semester VI | ||||
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | KIP3007 | Statistik Pendidikan | Education Statistics | 2 |
2 | MTK3229 | Microteaching | Microteaching | 2 |
3 | MTK3230 | Penelitian Pembelajaran
Matematika |
Mathematics Learning Research | 2 |
4 | MTK3231 | Geometri Transformasi | Transformation Geometry | 3 |
5 | MTK3232 | Analisis Real | Real Analysis | 3 |
6 | MTK3233 | Struktur Aljabar | Structure of Algebra | 3 |
7 | Matakuliah Pilihan 2 | Elective Course 2 | 2 |
8 | Matakuliah Pilihan 3 | Elective Course 3 | 2 | |
9 | Matakuliah Pilihan 4 | Elective Course 4 | 2 | |
Jumlah | 21 |
Semester VII
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | UNR4106 | Kukerta | Community Services Program | 4 |
2 | MTK4134 | Pengenalan Lapangan
Persekolahan (PLP) |
Introduction to the School field | 4 |
3 |
MTK4135 |
Pengembangan Program Pembelajaran Matematika
Sekolah |
Development of School Mathematics Learning Program |
3 |
4 | Matakuliah Pilihan 5 | Elective Course 5 | 2 | |
Jumlah | 13 |
Semester VIII
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | MTK4246 | Skripsi | Bachelor Thesis | 6 |
Jumlah | 6 |
Mata Kuliah Pilihan | ||||
No | KODE | Nama Mata Kuliah | SKS | |
Indonesia | English | |||
1 | MTK3036 | English for Academic*) | English for Academic*) | 2 |
2 | MTK3037 | Matematika Ekonomi dan
Keuangan*) |
Economics and Financial Mathematics *) | 2 |
3 | MTK3038 | Komunikasi Publik*) | Public Communication*) | 2 |
4 | MTK3039 | Analisis Vektor*) | Vector Analysis *) | 2 |
5 | MTK3040 | Fungsi Kompleks*) | Complex Function *) | 2 |
6 | MTK3041 | Computational Thinking*) | Computational Thinking*) | 2 |
7 | MTK3042 | e-learning*) | E-learning*) | 2 |
8 | MTK3043 | Kombinatorik *) | Combinatoric *) | 2 |
9 | MTK4044 | Pemecahan Masalah
Matematika Sekolah*) |
School Math Problem Solving*) | 2 |
10 | MTK4045 | Statistika Multivariat*) | Multivariate Statistics *) | 2 |
Jumlah | 20 |
Rencana Implementasi Hak Belajar Maksimum 3 Semester di Luar Prodi
Model atau bentuk kegiatan pembelajaran yang ditawarkan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam penerapan MBKM adalah sebagai berikut.
1. Kegiatan Pertukaran Pelajar Antar Program Studi dalam Perguruan Tinggi
Kegiatan ini setara dengan 16 SKS yang ditawarkan bagi mahasiswa di semester 5. Kegiatan ini melibatkan tiga mitra program studi di lingkungan Universitas Riau. Nama mitra, nama mata kuliah dan jumlah SKS dalam kegiatan ini disajikan pada Tabel berikut.
Tabel Mitra, Mata Kuliah, dan Jumlah SKS pada Kegiatan Pertukaran Pelajar Antar Program Studi dalam Perguruan Tinggi
No. | Mitra | Mata Kuliah | SKS |
1 | Program Studi Matematika | Masalah Nilai Awal dan Syarat Batas | 3 |
Universitas Riau | Metode Numerik | 3 | |
Fungsi Kompleks | 3 | ||
Matematika Ekonomi dan Keuangan | 2 | ||
2 | Program Studi Sistem Informasi Universitas Riau | Algoritma dan Pemograman | 3 |
3 | Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Riau | Komunikasi Publik | 2 |
Jumlah | 16 |
Mata kuliah pertukaran pelajar pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau tidak terbatas pada mata kuliah di Tabel 22. Mata kuliah pertukaran pelajar tersebut masih bisa mengalami perubahan bergantung pada kerjasama dengan prodi baik di dalam UNRI, serta sesuai kebutuhan mahasiswa.
2. Kegiatan Pertukaran Pelajar Antar Program Studi di Luar Perguruan Tinggi
Kegiatan ini ditawarkan bagi mahasiswa semester 5 dan 6. Kegiatan ini setara dengan 12 SKS dengan melibatkan satu mitra di luar Universitas Riau, yakni Universitas Negeri Medan. Nama mitra, nama matakuliah dan jumlah SKS dalam kegiatan ini disajikan pada Tabel berikut.
Tabel Mitra, Mata Kuliah dan Jumlah SKS pada Kegiatan Pertukaran Pelajar Antar Program Studi di Luar Perguruan Tinggi
Mitra | Mata Kuliah | SKS |
Program Studi Pendidikan | Geometri Transformasi | 3 |
Universitas Negeri Medan | Analisis Real | 3 |
Struktur Aljabar | 3 | |
Statistik Pendidikan | 3 | |
Jumlah | 12 |
Mata kuliah pertukaran pelajar pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau tidak terbatas pada mata kuliah di Tabel 23. Mata kuliah pertukaran pelajar tersebut masih bisa mengalami perubahan bergantung pada kerjasama dengan prodi di luar UNRI, serta sesuai kebutuhan mahasiswa.
3. Kegiatan Magang / Praktik Kerja di Satuan Pendidikan
Kegiatan ini setara dengan 15 SKS yang terdiri dari empat mata kuliah yang ditawarkan bagi mahasiswa di semester 7. Nama mata kuliah, dan jumlah SKS disajikan pada Tabel berikut.
Tabel Mata Kuliah dan Jumlah SKS pada Kegiatan Magang / Praktik Kerja di Satuan Pendidikan
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) | 4 |
2 | Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Sekolah | 3 |
3 | Pemecahan Masalah Matematika Sekolah | 2 |
4 | Skripsi | 6 |
Jumlah | 15 |
Kerjasama Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau dengan sekolah mitra di Kegiatan Magang / Praktik Kerja dapat mengalami perkembangan. Mitra pada Kegiatan Magang / Praktik Kerja dapat berubah sesuai kerjasama dengan sekolah mitra.
4. Kegiatan Mengajar di Sekolah / Asistensi Mengajar
Kegiatan ini setara dengan 9 SKS yang terdiri dari tiga mata kuliah yang ditawarkan bagi mahasiswa di semester 7. Kegiatan ini melibatkan 4 sekolah di daerah dan di kota Pekanbaru. Nama mitra, mata kuliah, dan jumlah SKS disajikan pada Tabel berikut.
Tabel Mitra, Mata Kuliah dan Jumlah SKS pada Kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) | 4 |
2 | Media Pembelajaran Matematika | 2 |
3 | Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Matematika | 3 |
Jumlah | 9 |
Kerjasama Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau dengan sekolah mitra di Kegiatan Mengajar di Sekolah / Asistensi Mengajar dapat mengalami perkembangan. Mitra pada Kegiatan Mengajar di Sekolah / Asistensi Mengajar dapat berubah sesuai kerjasama dengan sekolah mitra.
5. Kuliah Kerja Nyata Tematik/Bina Desa
Kegiatan ini setara dengan 19 SKS yang terdiri dari lima mata kuliah yang ditawarkan bagi mahasiswa di semester 7. Mata kuliah dan jumlah SKS disajikan pada Tabel berikut.
Tabel Mitra, Mata Kuliah, dan Jumlah SKS pada Kegiatan Kuliah Kerja Nayta Tematik/Bina Desa
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4 |
2 | Pengembangan Program Pembelajaran Matematika Sekolah | 3 |
3 | Pemecahan Masalah Matematika Sekolah | 2 |
4 | Kuliah Kerja Nyata | 4 |
5 | Skripsi | 6 |
Jumlah | 19 |
Kerjasama Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau dengan sekolah mitra di Kegiatan Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik dapat mengalami perkembangan. Mitra pada Kegiatan Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik dapat berubah sesuai kerjasama dengan sekolah mitra.